Rabu, 07 Desember 2016

Mari Kenali Fungsi Website Silemkerma untuk Pendidikan Tinggi

Mari Kenali Fungsi Website Silemkerma untuk Pendidikan Tinggi

website silemkerma


Website Silemkerma  adalah sistem layanan online yang berfungsi sebagai pusat informasi, komunikasi, dan proses pengusulan yang berkaitan dengan Proses pengusulan pendirian perguruan tinggi dan Pembukaan prodi baru semakin dipermudah oleh pemerintah. Website ini dikelola oleh Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi. Dengan website ini, tentu proses pengusulan menjadi lebih mudah.

Pelayanan yang ditawarkan website Silemkerma antara lain Layanan Pembukaan Program Studi, Layanan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi, dan Layanan Alih Kelola.

A. Layanan Pembukaan Program Studi

Proses Penambahan Prodi Program Diploma, Sarjana, dan Magister dipisahkan antara untuk Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.

B. Layanan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi

Layanan ini dibagi lagi menjadi tiga, yaitu Perubahan PTS, Perubahan Bentuk PTS, dan Alih Kelola PTS. Proses tersebut dapat dilakukan dengan mengirimkan dokumen usulan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi secara online di website Silemkerma.

C. Layanan Alih Kelola

Layanan ini masih berada dalam satu link kategori dari Layanan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi. Alih kelola ini berlaku untuk Perguruan Tinggi Swasta yang hendak melakukan proses alih kelola.


Cara Mendaftar sebagai Pengusul

Sebagai pengusul, Anda harus merupakan pihak yang dipercaya oleh yayasan atau perusahaan penyelenggaran perguruan tinggi terkait. Setelah mengunjungi website, pendaftar silakan klik “Daftar Akun Pengusul” pada kotak Login. Isilah alamat email resmi institusi, password, kode perguruan tinggi yang sudah terdaftar di PDDIKTI, dan menggunggah file Surat Permohonan Akun Resmi dari Rektor/ Direktur/ Ketua Perguruan Tinggi dalam format PDF. Kemudian isi kode keamanan yang tersedia, memberi bukti persetujuan dengan isi centang, lalu klik Daftar.

Fitur-Fitur Lain

Selain memberikan layanan secara online, website Silemrkema menyediakan beberapa fitur, di antaranya berita atau pengumuman, agenda, ketentuan sebagai pemilik akun, panduan usulan, dan FAQ. Untuk pengumuman misalnya, diumumkan tentang bagaimana proses pendirian perguruan tinggi atau pembukaan prodi baru dari beberapa perguruan tinggi. Pengumuman tersebut di ataranya terkait dengan Evaluasi dan Verifikasi Dokumen Usulan Pembukaan Program Studi, Pengusulan Alih Kelola, dan sebagainya.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, baik dosen atau pihak yayasan atau swasta yang hendak mendirikan perguruan tinggi atau membuka program studi baru secara online.

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya, tapi terus terang saya kesulitan untuk menghubungi pihak Silemkerma karena ada beberapa pertanyaan diluar konteks informasi yang tersedia sedangkan saya sudah mengirim email dari Laman Konsultasi & Layanan Informasi yang tersedia di website http://silemkerma.ristekdikti.go.id. Perkenalkan nama saya Bani (admin dari salah satu PTN) Apa saudara bisa bantu?

    BalasHapus